Sertifikasi ISO 20000

ISO 20000 IT Service Management (ITSM)

Standar ISO 20o00-1 : 2018 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS).

Persyaratan yang ditentukan datam standar ini termasuk perencanaan desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nitai. Standar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 dan kemudian diperbarui pada tahun 2011.

Versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (disebut ISO /IEC 20000 2018 Baguan 1) drills pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi kedua (ISO / IEC 20000 1:2011)

Standar ini dapat digunakan oleh :
  • Pelanggan yang mencari layanan dan membutuhkan jaminan mengenai kualitas layanan tersebut
  • Pelanggan yang membutuhkan pendekatan konsisten terhadap siklus hidup layanan oteh semua penyedia layanannya, termasuk yang ada datam rantai pasokan
  • Suatu organisasi untuk menunjukkan kemampuannya untuk perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan
  • Suatu organisasi untuk memantau, mengukur, dan meninjau SMS dan layanannya
  • Organisasi untuk meningkatkan perencanaan, desain, transisi, pengiriman dan peningkatan layanan melalui implementasai dan pengoperasian SMS yang efektif
  • Organisasi atau pihak lain yang melakukan penilaian kesesuaian terhadap persyaratan yang ditentukan dalan standar ini
  • Penyedia pelatihan atau saran dalam manajemen layanan